Translate

Minggu, 08 Desember 2013

Tugas Belajar dan Pembelajaran



TUGAS
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN



Disusun Oleh :
AHMAT NAFARIN
AAB 112 035

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2013
Motivasi Kuliah dan Motivasi Belajar
Kuliah adalah menuntun ilmu atau pelajaran berdasarkan jurusan masing-masing yang di ambil di perguruan tinggi. Kuliah sangat penting Bagi saya karena ilmu yang saya dapat di SLTA masih kurang dan perlu menambah wawasan dan salah satunya dengan berkuliah di jurusan yang ingin saya dalami. Dengan berkuliah saya juga bisa memperoleh gelar sarjana dan dapat mencari kerja yang sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh beberapa instansi yang membutuhkan pegawai.
Semua orang ingin sukses, begitu juga dengan saya. Sukses dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berhasil mencapai suatu tujuan. Sukses yang ingin saya capai adalah membahagikan orang tua dan sanak saudara saya. Saya ingin berhasil menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa Indonesia.
Jadi motivasi saya berkuliah adalah untuk memperdalam suatu cabang ilmu pengetahuan yang saya rasa perlu untuk diri saya perdalam kajiannya. Motivasi lainnya adalah membuat keluarga bangga akan kerja keras saya selama nerkuliah dan mendapatkan hasil yang dapat membantu sanak keluarga di kampung. Menggapai cita-cita adalah hal yang sangat di dambakan bagi saya dan dapat berguna bagi nusa dan bangsa.
Motivasi belajar tidak jauh berbeda dengan motivasi kuliah saya karena keduanya sama-sama ingin memperoleh hal yang tidak tahu menjadi tahu. Belajar adalah proses memperoleh sesuatu dengan mengkajinya baik itu dengan membaca atau praktik. Motivasi belajar saya untuk menambah wawasan yang awalnya tidak tahu menjadi tahu tentang sesuatu.
Tiga Komponen Afektif dari Aspek Emosional, yaitu :
a.      Motif Sosial
Belajar dan Pembelajaran membuat saya tahu akan motif sosial saya. Motif sosial yang saya dapatkan adalah berusaha ingin memperoleh pengalaman baru dari suatu peristiwa. Dengan pengalaman yang ada saya rasa diri saya masih kurang. Oleh sebab itu saya harus menambah lagi pengalaman-pengalaman baru untuk menambah ilmu dan wawasan saya.
b.      Sikap
Sikap saya sebelum bertemu dengan mata kuliah Belajar dan Pembelajaran biasa-biasa saja. Setelah belajar mata kuliah Belajar dan Pembelajaran sikap saya lebih menghargai. Menghargai waktu adalah sikap bagaimana kita menghargai waktu dari yang suka telat menjadi tidak telat. Menghargai pendapat adalah bagaimana sikap kita dari yang tidak mendengarkan pendapat orang lain menjadi menghargai dan menerima pendapat orang lain. Jadi dengan mempelajari Bahasa dan Pembelajaran sikap saya menjadi lebih baik dari yang sebelum belajar mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.
c.       Emosi
Emosi adalah luapan perasaan diri seseorang. Emosi saya sebenarnya tidak cepat keluar. Setelah belajar mata kuliah Belajar dan Pembelajaran emosi saya lebih terkendali dan bisa di kontrol. Delam menghadapi suatu masalah tidak lagi langsung mengeluarkan emosi tetapi ditangani dengan pikiran yang dewasa karena saya rasa saya sudah tidak anak-anak lagi. Menghadapi masalah harus dengan otak bukan dengan emosi. Dulu saya sering menggunaka emosi dibanding dengan otak. Belajar dan Pembelajaran mengajarkan saya untuk mengontrol emosi dan tidak cepat keluar.
Intelektual
Pengetahuan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan panca indra kita. Ketika mata kita melihat sesuatu, hidung kita mencium bau sesuatu, telinga kita mendengar sesuatu, pucuk-pucuk jari kita merasakan sesuatu, atau lidah kita mengecap rasa, berarti kita telah ”mengetahui” sesuatu. (sumber: wordpress.com, 6 Desember 2013)
Setelah belajar mata kuliah Belajar dan Pembelajaran saya merasa perlu mengembangkan intelektual saya karena menurut saya masih kurang. Dulu saya tidak peduli dengan intelektual saya tetapi sekarang saya sadar pentingnya intelektual. Intelekual inilah yang saya gunakan untuk mengerjakan sesuatu  baik itu tugas kuliah maupun pekerjaan diluar kuliah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar