Translate

Sabtu, 25 November 2017

6. BAB V Saran dan Kesimpulan



BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

5.1   Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran pair checks pada pembelajaran menulis paragraf persuasi advertensi siswa kelas X-2 semester II SMA Negeri 1 Kotawaringin Lama tahun pembelajaran 2015/2016, maka dapat disimpulkan sebagai berikut.
1.      Aktivitas siswa kelas X-2 selama mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menerapkan model pembelajaran pair checks menunjukkan hasil yang baik, karena semua deskriptor untuk menilai aktivitas siswa muncul dengan tafsiran baik dan baik sekali. Jadi, penerapan model pembelajaran pair checks ini dapat memecahkan masalah dalam aktivitas siswa.
2.      Aktivitas guru selama melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran pair checks menunjukkan bahwa aktivitas guru sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Deskriptor untuk guru yang direncanakan telah muncul saat pembelajaran berlangsung dengan tafsiran baik sekali. Jadi, model pembelajaran pair checks ini dapat membantu guru dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi advertensi.
3.      Hasil belajar siswa kelas X-2 semester II SMA Negeri 1 Kotawaringin Lama tahun pembelajaran 2015/2016 dalam kegiatan menulis paragraf persuasi advertensi dengan menerapkan model pembelajaran pair checks ini mengalami peningkatan. Untuk hasil prates indikator I adalah hanya dua orang siswa dengan nilai  75 dengan kriteria tuntas mengerjakan prates indikator I dan 22 orang siswa dengan nilai 74 dengan kriteria tidak tuntas mengerjakan prates indikator I. Hasil indikator II adalah 24 orang siswa dengan nilai 74 dengan kriteria tidak tuntas mengerjakan prates indikator II. Namun, mengalami peningkatan hasil postes pada indikator I adalah 24 orang siswa dengan nilai 75 dengan kriteria tuntas mengerjakan postes indikator I dan tidak ada siswa dengan nilai 74 dengan kriteria tidak tuntas mengerjakan postes indikator I. Hasil indikator II adalah 22 orang siswa dengan nilai 75 dengan kriteria tuntas mengerjakan postes indikator II dan 2 orang siswa dengan nilai 74 dengan kriteria tidak tuntas mengerjakan postes indikator II. Jadi, dari kedua data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat.
5.2 Saran
            Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran pair checks yang telah dilakukan dapat diberikan beberapa saran yaitu sebagai berikut.
1.   Bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X-2 SMA Negeri 1 Kotawaringin Lama dapat menggunakan model pembelajaran pair checks sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam proses pembelajaran, dengan tujuan memberikan suasana baru dalam kegiatan belajar sehingga tidak membosankan.
2.    Bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti tentang model pembelajaran pair checks diharapkan dapat mengembangkan secara lebih baik pembelajaran yang sudah dilakukan peneliti untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar