BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1
Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian
penerapan model pembelajaran pair checks pada
pembelajaran menulis paragraf persuasi
advertensi siswa kelas X-2 semester II SMA Negeri 1 Kotawaringin Lama
tahun pembelajaran 2015/2016, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut.
1.
Aktivitas siswa kelas X-2 selama mengikuti pembelajaran
menulis paragraf persuasi dengan menerapkan model
pembelajaran pair checks menunjukkan
hasil yang baik, karena semua deskriptor untuk menilai aktivitas siswa muncul
dengan tafsiran baik dan baik
sekali.
Jadi, penerapan model pembelajaran pair checks
ini dapat memecahkan masalah dalam aktivitas siswa.
2.
Aktivitas guru selama melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model
pembelajaran pair checks menunjukkan
bahwa aktivitas guru sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Deskriptor untuk guru yang direncanakan telah muncul saat pembelajaran berlangsung
dengan tafsiran baik sekali. Jadi, model pembelajaran pair checks ini dapat membantu guru dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi advertensi.
3.
Hasil belajar siswa
kelas X-2
semester II SMA
Negeri 1 Kotawaringin Lama
tahun pembelajaran 2015/2016 dalam kegiatan menulis paragraf
persuasi advertensi dengan menerapkan
model pembelajaran pair checks ini mengalami peningkatan. Untuk hasil prates indikator
I adalah hanya dua orang
siswa dengan nilai ≥75 dengan kriteria tuntas mengerjakan prates
indikator I dan 22 orang siswa dengan nilai ≤74 dengan kriteria tidak tuntas mengerjakan prates indikator
I. Hasil indikator II adalah 24 orang siswa dengan nilai ≤74 dengan kriteria tidak tuntas mengerjakan prates indikator
II. Namun, mengalami peningkatan hasil postes pada indikator I adalah 24 orang siswa dengan nilai ≥75 dengan kriteria tuntas mengerjakan postes
indikator I dan tidak ada siswa dengan nilai ≤74 dengan kriteria tidak tuntas mengerjakan postes indikator
I. Hasil indikator II adalah 22 orang siswa dengan nilai ≥75 dengan kriteria tuntas mengerjakan postes indikator II dan 2 orang siswa dengan nilai ≤74 dengan kriteria tidak tuntas mengerjakan postes indikator
II. Jadi, dari kedua data
tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat.
5.2 Saran
Berdasarkan hasil penelitian
mengenai penerapan model pembelajaran pair checks yang telah dilakukan dapat
diberikan beberapa saran yaitu sebagai berikut.
1. Bagi
guru mata pelajaran Bahasa Indonesia
kelas X-2 SMA Negeri 1 Kotawaringin Lama dapat
menggunakan model pembelajaran pair checks
sebagai salah satu alternatif model pembelajaran
dalam proses pembelajaran, dengan tujuan memberikan
suasana baru dalam kegiatan belajar sehingga tidak
membosankan.
2.
Bagi peneliti
selanjutnya yang akan meneliti tentang model pembelajaran pair checks diharapkan dapat
mengembangkan secara lebih baik pembelajaran yang sudah dilakukan peneliti
untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar